Minggu, 23 Juni 2013

Laporan Penelitian Ilmiah





Nama                  Idham Alpanja Bhima

Kelas                  3KA06

NPM                  13110378

Tugas                  Bahasa Indonesia 2#

                           (Contoh Laporan Penelitian Ilmiah)

Materi                Pengaruh Nilai Tukar Rupiah Dan Suku Bunga Riil Terhadap Cadangan Primer Dan Kredit  Untuk Nasabah Bank Mandiri.












                                                                   
                                                                     
                             Universitas Gunadarma

                                         2013




Kata Pengantar

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillahirabbilalamin Segala puji hanya layak untuk Allah seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini.

Penyusunan laporan ini dimaksudkan agar pembaca dapat memperluas pengetahuan tentang Pengaruh Nilai Tukar Rupiah Dan Suku Bunga Riil Terhadap Cadangan Primer Dan Kredit Untuk Nasabah Bank Mandiri, yang saya sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber.

Meskipun penulis berharap isi dari makalah ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar laporan ini dapat lebih baik lagi. Akhir kata penulis berharap agar laporan ini bermanfaat bagi semua pembaca. Terima kasih

























                                                                   15 Juni 2013

                                                                      Penyusun





                                                          (Idham Alpanja Bhima)



Daftar Isi



Kata Pengantar…………………………………………………………………………2

Daftar Isi………………………………………………………………………………..3

Bab I Pendahuluan………………………………………………………………………4  

1.1  Latar Belakang Masalah

1.2  Rumusan Masalah

1.3  Batasan Masalah

1.4  Identifikasi Masalah

1.5  Tujuan dan Kegunaan Penelitian

Bab II……………………………………………………………………………………7

A. Landasan Teori

2.1 Pengertian

B. Kesimpulan

Bab III…………………………………………………………………………………..9

          3.1 Penutup

          3.2 Daftar Pustaka



                                              BAB I

                                      PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang Masalah

Permasalahaan yang dihadapi ekonomi dunia dewasa ini semakin pelik. Melambatnya pertumbuhan ekonomi global sebagai dampak peningkatan harga komunitas dunia terutama harga minyak dan pangan, diperparah lagi dengan krisis keuangan hebat yang melanda Amerika Serikat yang mengakibatkan luluhnya industry keuangan global. Krisis ini akan menyebabkan terjadinya peningkatan inflasi dibeberapa negara, yang akan diikuti oleh kenaikan suku bunga, dan gejolak nilai tukar.

Mengingat sistem keuangan suatu negara tidak dapat berdiri sendiri, melainkan saling

terkait dan terintegrasi dengan sistem keuangan dinegara lain secara global, maka guncangan dunia keuangan global ini akan menjadi batu ujian pada kekuatan perekonomian nasional kedepan. Hal ini mendorong penulis untuk meneliti fenomena tersebut melalui tesis yang bertitel:

“Pengaruh Nilai Tukar Rupiah Dan Suku Bunga

Riil Terhadap Cadangan Primer Dan Kredit Untuk Nasabah Bank Mandiri”



1.2 Rumusan Masalah

Dalam penelitian ini penulis mencoba merumuskan persoalan dalam bentuk pertanyaan:

1.  Bagaimanakah pengaruh nilai tukar rupiah terhadap USD, GBP, dan JPY terhadap cadangan primer Bank Mandiri ?

2.  Bagaimanakah pengaruh suku bunga riil Indonesia, Amerika Serikat, Inggris, dan Jepang terhadap cadangan primer Bank Mandiri ?

3.  Bagaimanakah pengaruh nilai tukar rupiah terhadap USD, GBP, dan JPY terhadap kredit untuk nasabah Bank Mandiri ?

4.  Bagaimanakah pengaruh suku bunga riil Indonesia, Amerika Serikat, Inggris, dan Jepang terhadap kredit untuk nasabah Bank Mandiri ?



1.3 Batasan Masalah


Mengingat begitu luasnya ruang lingkup pada penelitian ini, maka penulis

 membatasi permasalahan tersebut pada:

·         Mengingat banyaknya jumlah bank di Indonesia, maka penulis dalam penelitiaan

 ini hanya menggunakan aktiva pada Bank Mandiri sebagai bahan penelitian.

·         Aktiva suatu bank terdiri dari beberapa pos, sehingga penulis akan mengelompokan pos-pos pada  aktiva tersebut berdasarkan skala prioritas penggunaan dana, yaitu:

a.  Cadangan primer; terdiri dari kas, penempatan pada Bank Indonesia, giro pada bank lain, dan penempatan pada lain.

b.  Cadangan sekunder; terdiri dari surat berharga yang dimiliki, dan obligasi pemerintah.

c.  Kredit untuk nasabah; terdiri dari kredit yang diberikan.

d.  Investasi untuk pendapatan; terdiri dari penyertaan.

·         Dalam penelitian ini penulis hanya memfokuskan pembahasan pada cadangan primer dan kredit untuk nasabah :

·         Sesuatu hal yang tidak mungkin penulis lakukan untuk memasukan semua data suku bunga, inflasi, dan kurs rupiah terhadap semua negara, maka dalam penelitiaan ini penulis membatasinya dengan menggunakan data suku bunga, inflasi, dan kurs rupiah terhadap negara Amerika Serikat, Inggris, dan Jepang.

·         Data penelitiaan yang digunakan adalah data per-triwulan dari tahun 2000 sampai dengan tahun 2008, diawali dari triwulan IV tahun 2000 sampai dengan triwulan II tahun 2008.

·         Data yang diteliti seluruhnya merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan bulanan, triwulan, dan tahunan Bank Indonesia. Data yang dikumpulkan berupa data runtun waktu (time series).

·         Alat bantu yang digunakan untuk menganalisa data statistik agar dapat diolah, ditampilkan, dan dimanipulasi sehingga dapat menyajikan suatu informasi dalam penelitian ini menggunakan peranti lunak atau software SPSS dan EView



1.4 Identifikasi Masalah

Merujuk pada latar belakang masalah di atas maka dapat di identifikasi beberapa masalah yang berkaitan dengan latar belakang diatas :

1. Apakah ada Pengaruh Nilai Tukar Rupiah Dan Suku Bunga Riil Terhadap Cadangan Primer Dan Kredit Untuk Nasabah Bank Mandiri.

2. Apakah terdapat hubungan antara Pengaruh Nilai Tukar Rupiah Dan Suku Bunga Riil Terhadap Cadangan Primer Dan Kredit Untuk Nasabah Bank Mandiri.



1.5 Tujuan Dan Kegunaan Penelitian

            1.5.1 Tujuan Penelitian


Penelitian ini bertujuan untuk:

·         Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh nilai tukar rupiah terhadap USD, GBP, dan JPY terhadap cadangan primer Bank Mandiri.

·         Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh suku bunga riil Indonesia, Amerika Serikat, Inggris, dan Jepang terhadap cadangan primer Bank Mandiri.

·         Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh nilai tukar rupiah terhadap USD, GBP, dan JPY terhadap kredit untuk nasabah Bank Mandiri.

·         Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh suku bunga riil Indonesia, Amerika Serikat, Inggris, dan Jepang terhadap kredit untuk nasabah Bank Mandiri.



1.5.2 Kegunaan Penelitian

Penelitian yang penulis lakukan ini mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi penulis sendiri, maupun bagi para pembaca atau pihak-pihak lain yang berkepentingan.

- Manfaat akademis

Penelitian ini erat hubungannya dengan mata kuliah Manajemen Dana Bank, Manajemen Perkreditan, Keuangan Internasional, Institusi Depositori dan Pasar Modal, sehingga dengan melakukan penelitian ini diharapkan penulis dan semua pihak yang berkepentingan dapat lebih memahaminya.

-  Manfaat dalam implementasi atau praktik.

Penelitian ini memfokuskan kepada Bank Mandiri sebagai objek penelitian, sehingga diharapkan para pengambil kebijakan dalam Bank Mandiri maupun pihak- pihak lain yang berkepentingan dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.



                                        BAB II

A.   LANDASAN TEORI


2.1 Pengertian


·         Nilai tukar atau dikenal pula sebagai kurs dalam keuangan adalah sebuah perjanjian yang dikenal sebagai nilai tukar mata uang terhadap pembayaran saat kini atau di kemudian hari, antara dua mata uang masing-masing negara atau wilayah.

Dalam sistem pertukaran dinyatakan oleh yang pernyataan besaran jumlah unit yaitu "mata uang" (atau "harga mata uang" atau "sarian mata uang") yang dapat dibeli dari 1 penggalan "unit mata uang" (disebut pula sebagai "dasar mata uang"). sebagai contoh, dalam penggalan disebutkan bahwa kurs EUR-USD adalah 1,4320 (1,4320 USD per EUR) yang berarti bahwa penggalan mata uang adalah dalam USD dengan penggunaan penggalan nilai dasar tukar mata uang adalah EUR.

·         Suku Bunga Riil Menurut Karl dan Fair (2001:635) suku bunga adalah pembayaran bunga tahunan dari suatu pinjaman, dalam bentuk persentase dari pinjaman yang diperoleh dari jumlah bunga yang diterima tiap tahun dibagi dengan jumlah pinjaman.

·         Pengertian Suku Bunga menurut Sunariyah (2004:80) adalah harga dari pinjaman. Suku bunga dinyatakan sebagai persentase uang pokok per unit waktu. Bunga merupakan suatu ukuran harga sumber daya yang digunakan oleh debitur yang harus dibayarkan kepada kreditur.



          

B. Kesimpulan

                       Kesimpulan


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh nilai tukar rupiah dan suku bunga riil terhadap cadangan primer dan kredit untuk nasabah Bank Mandiri. Untuk mencari keterkaitan antara variabel yang mencakup dalam penelitian ini, penulis menggunakan analisis regresi dengan metode kudrat terkecil, kemudian dilakukan pengujian asumsi-asumsi klasik yang terdapat dalam metode kuadrat terkecil, agar penelitian yang dihasilkan bersifat BLUE. Selanjutnya penulis melakukan pengujian hipotesis secara simultan menggunakan uji F dan secara parsial menggunakan uji t. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara simultan nilai tukar rupiah dan suku bunga riil (USD, GBP, JPY, SBIN, SBAS, SBIG, dan SBJP) mempengaruhi cadangan primer dan kredit untuk nasabah Bank Mandiri (CP dan KUN), sedangkan secara parsial nilai tukar rupiah dan suku bunga riil mempengaruhi cadangan primer dan kredit untuk nasabah Bank Mandiri, kecuali SBIN terhadap CP dan KUN, USD terhadap CP, dan JPY terhadap KUN. Hasil penelitian SBIN terhadap KUN mendukung studi yang dilakukan oleh Juda Agung dan kawan-kawan, bahwa telah terjadi fenomena kredit crunch pasca krisis di Indonesia.

                             BAB III
3.1 Penutup


Contoh laporan penelitian ilmah ini mengangkat persoalan bagaimana Pengaruh Nilai Tukar Rupiah Dan Suku Bunga Riil Terhadap Cadangan Primer Dan Kredit Untuk Nasabah Bank Mandiri.

3.2 Daftar Pustaka

[1]. www.google.com

[2]. www.wordpress.com

[3]. www.wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar