Jumat, 09 November 2012

Grafik Komputer dan Pengolahan Citra

Grafik komputer adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model & citra. Model berasal dari beberapa bidang sesuatu fsik, matematika dan artistik. atau juga suatu proses untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi objek maupun latar belakang yang terkandung pada gambar tersebut.

dalam geometri primitif garis adalah kumpulan titik-titik yang tersusun sedemikian rupa sehingga memiliki pangkal dan ujung.

WIMP merupakan singkatan dari Windows Icon Menu Pointer

Aplikasi komputer grafik:
- video games
- virtual reality

Pengolahan Citra:
- Memperbaiki kualitas gambar
- Melakukan pemilihan citra ciri yang optimal untuk tujuan analisis
- Melakukan proses penarikan informasi atau deskripsi objek
- Melakukan kompresi atau reduksi data untuk tujuan penyimpanan data, transmisi data, & waktu proses data.

Komputer Visi:
- Proses otomatisasi yang mengintegrasikan sejumlah besar proses untuk persepsi visual seperti aktivisi citra, klasifikasi, recognition, & pengambilan keputusan.
- Proses penyusunan deskripsi tentang objek yang terkandung pada suatu gambar atau mengenali objek yang ada pada gambar
- Pengenalan pola (Pattern recognition): speech recognition, face recognition, fingerprint recognition.
- Kecerdasan buatan (Artificiall Intelligent): speech understanding

vision = geometry + measurement + interpretation

Kegiatan yang terkait dengan grafik komputer

  • Pemodelan geometris : Menciptakan model matematika dari objek 2D dan 3D
  • Rendering : Memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk
  • Animasi : Menetapkan / menampilkan kembali tingkah laku / behavior objek bergantung waktu
Kerangka grafik komputer Interaktif:
  • Graphic library
  • Alication program
  • Hasil dari interaksi user menghasilkan/memodifikasi citra
Pemodelan Geometris
Transformasi dari suatu konsep kesuatu model geometris yang bisa ditampilkan pada komputer:
  • Shape/bentuk
  • Posisi
  • Orientasi (cara pandang)
  • Surface properties
  • Volumetric properties
  • Lights/cahaya
Pemodelan grafik lebih rumit:
  • Jala-jala
  • Bentuk permukaan bebas
  • CSG -> bagaimana kita membentuk yang solid dengan menggunakan unsur aljabar/boolean
Elemen pembentuk warna:
  • Kubus warna RGB -> Sistem koordinat RGB sebagai acess
  • Model warna CMY (Cyan, Magenta, Yellow)
  • True color
  • Indexed bolor
  • High color

Tidak ada komentar:

Posting Komentar