dalam geometri primitif garis adalah kumpulan titik-titik yang tersusun sedemikian rupa sehingga memiliki pangkal dan ujung.
WIMP merupakan singkatan dari Windows Icon Menu Pointer
Aplikasi komputer grafik:
- video games
- virtual reality
Pengolahan Citra:
- Memperbaiki kualitas gambar
- Melakukan pemilihan citra ciri yang optimal untuk tujuan analisis
- Melakukan proses penarikan informasi atau deskripsi objek
- Melakukan kompresi atau reduksi data untuk tujuan penyimpanan data, transmisi data, & waktu proses data.
Komputer Visi:
- Proses otomatisasi yang mengintegrasikan sejumlah besar proses untuk persepsi visual seperti aktivisi citra, klasifikasi, recognition, & pengambilan keputusan.
- Proses penyusunan deskripsi tentang objek yang terkandung pada suatu gambar atau mengenali objek yang ada pada gambar
- Pengenalan pola (Pattern recognition): speech recognition, face recognition, fingerprint recognition.
- Kecerdasan buatan (Artificiall Intelligent): speech understanding
vision = geometry + measurement + interpretation
Kegiatan yang terkait dengan grafik komputer
- Pemodelan geometris : Menciptakan model matematika dari objek 2D dan 3D
- Rendering : Memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk
- Animasi : Menetapkan / menampilkan kembali tingkah laku / behavior objek bergantung waktu
Kerangka grafik komputer Interaktif:
- Graphic library
- Alication program
- Hasil dari interaksi user menghasilkan/memodifikasi citra
Pemodelan Geometris
Transformasi dari suatu konsep kesuatu model geometris yang bisa ditampilkan pada komputer:
- Shape/bentuk
- Posisi
- Orientasi (cara pandang)
- Surface properties
- Volumetric properties
- Lights/cahaya
Pemodelan grafik lebih rumit:
- Jala-jala
- Bentuk permukaan bebas
- CSG -> bagaimana kita membentuk yang solid dengan menggunakan unsur aljabar/boolean
Elemen pembentuk warna:
- Kubus warna RGB -> Sistem koordinat RGB sebagai acess
- Model warna CMY (Cyan, Magenta, Yellow)
- True color
- Indexed bolor
- High color
Tidak ada komentar:
Posting Komentar