Jumat, 26 Oktober 2012

Bahasa Pemrograman Prolog

Prolog adalah bahasa pemrograman yang saya dapat di semester 5 ini. Prolog merupakan bahasa pemrograman logika atau disebut juga sebagai bahasa non-procedural, namanya diambil dari bahasa perancis programmation en logique (pemrograman logika). 
Bahasa ini diciptakan oleh Alain Colmerauer dan Robert Kowalski sekitar tahun 1972 dalam upaya untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang memungkinkan pernyataan logika alih-alih rangkaian perintah untuk dijalankan komputer.
Berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain, yang menggunakan algoritma konvensionl sebagai teknik pencariannya seperti pada Delphi, Pascal, BASIC, COBOL dan bahasa pemrograman yang sejenisnya, maka prolog menggunakan teknik pencarian yang di sebut heuristik (heutistic) dengan menggunakan pohon logika.

contoh silsilah keluarga:



Setelah membuat silsilah keluarga masuk kedalam software prolog. Ikuti langkah sebagai berikut:
  -   File new -> buat folder baru ->  muncul jendela notepad -> ketikkan program didalam notepad, dan jangan lupa setiap akhir kalimat diberi tanda titik.


         Masih didalam jendela notepad. Klik file -> save -> lalu jendela notepad di close saja.
         Dijendela prolog klik file -> consult… -> lalu keluar jendela “load file into prolog” -> pilih folder dengan
    nama yang tadi kita save -> lalu open

Setelah masuk lagi kejendela prolog klik enter, dan masukkan program yang mau dipanggil dengan menggunakan variable misal X. (perlu diingat dalam penulisan di prolog, variable yang digunakan untuk memanggil dengan menggunakan huruf besar dan jangan menggunakan spasi, serta tanda titik jangan lupa diikut sertakan).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar