Rabu, 06 Maret 2013

Novel yang diangkat dari kisah nyata

1. 9 summer 10 autumns

     Novel yang baru terbit tahun ini salah satunya adalah novel yang berjudul 9 summer 10 autumns. Novel yang diangkat dari kisah nyata iwan setyawan, yang menggambarkan bahwa keterbatasan ekonomi tidak sebanding lurus dengan kebodohan. Didalam novelnya dia ingin memberitahu kepada para pembaca, bahwa dengan tekad dan ketekunan semuanya tidak ada yang tidak mungkin.
Anak satu-satunya dari 5 bersaudara ini hidup dirumah sederhana dengan bapak yang kerja sebagai supir angkot dan ibunya sebagai ibu rumah tangga biasa. Hidup dirumah kecil tanpa memiliki kamar membuatnya bercita-cita untuk memiliki kamar sendiri sampai akhirnya ia menjadi Doctor, Internal Client Management di Nelse Consumer Research, New York.

Judul Buku : 9 Summers 10 Autumns : Dari Kota Apel ke The Big Apple
Penulis : Iwan setyawan
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman : 221 Halaman
Harga : Rp. 47.000

2. Surat kecil untuk tuhan

Novel yang diangkat dari kisah nyata lainnya adalah "Surat Kecil Untuk Tuhan". Diangkat dari kisah nyata seorang anak yang menderita kanker Rhabdomyosarcoma (Kanker Jaringan Lunak) pertama di Indonesia.
Kehidupannya begitu terlihat sempurna, keluarga yang menyayanginya walaupun kedua orang tuanya telah cerai, ajudan ayahnya, sahabat-sahabatnya serta kekasihnya yang amat menyayanginya.
Ditahun 2003 dia divonis mengidap kaker jaringan lunak. Keke (begitu ppanggilannya) yang cantik lalu berubah menjadi "monster". Kemoterapi yang dijalaninya membuat rambutnya semakin tipis, kulit yang mengering, dan juga sering mual-mual. Setahun menjalani kemo keke dinyatakan bersih dari kanker dan dapat menjalani aktifitas seperti biasa.
Namun di tahun 2004 kanker itu kembali menyerang, lebih parah dan mematikan. Meskipun telah di tolak berbagai rumah sakit, namun ayah keke tidak pernah putus asa. Ratusan dokter diluar dan didalam negri telah menyatakan hal yang sama, yaitu "hidup keke tidak lama lagi". Walaupun keke dapat tahan selama setahun, namun dia menyadari bahwa hidupnya tidak dapat diselamatkan lagi karena kankernya yang telah menyebar. Dan akirnya keke meninggal dunia pada tanggal 25 Desember 2006.


3. terlahir 500gr dan buta

Buku yang terbit dari tahun 2006 dicetakan pertama dan sampai cetakan ketujuh di tahun 2007 ini diangkat dari kisah nyata. Seorang anak yang terlahir dengan berat hanya 500gr dan buta didaerah Jepang ini, selama 7 bulan hidup di inkubator rumah sakit  Santa Maria (1984).
Kelima jarinya sebesar korek api. Kepalanya sebesar telur. Pinggulnya sebesar jari kelingking orang dewasa.  Berkat doa dan keyakinan ibunya, Miyoki Inoue pun tumbuh dewasa. Memiliki berbagai prestasi salah satunya memenangi pertandingan mengarang SLB se-Jepang.
Buku ini memberikan cambukan kepada para pembaca, bahwa orang yang mempunyai keterbatasan saja dapat sukses, lalu bagaimana dengan yang sempurna tapi tidak mempunyai tekad untuk maju.
Sumber: novel best seller aku terlahir 500 gr dan buta tahun 2006


Tidak ada komentar:

Posting Komentar