Minggu, 27 Januari 2013

Class, Object, dan Method Class

Pengertian dari Class, Object, dan Method Pada Java merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari  object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.
Contoh : Class Person, Vehicle, Tree, Fruit dan lain-lain.

Format pembuatannya :
ModifierAccess class namaClass{
// isi class
}
Contoh:
public class mobil{
String merkMobil = "Nissan Skyline";
int tipeMobil  = 2000;
}

Object
adalah instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan (template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri.
Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel dan lain-lain.

Membuat Object

Untuk membuat object, kita menggunakan perintah new dengan sebuah nama class yang akan dibuat sebagai instance dari class tersebut.

String str = new String();
Random r = new Random();
Pegawai p2 = new PEgawai();
Date hari = new Date();
hari adalah object reference dari class Date yang akan digunakan untuk mengakses class Date.
Sedangkan operator new adalah operator yang akan menghasilkan hari sebagai reference ke instance dari class Date().

Attributes/ Variable
merupakan nilai data yang terdapat pada suatu object yang berasal dari class. Attributes merepresentasikan karakteristik dari suatu object. Contoh : pada Class Fruit terdapat attribute : warna, berat pada object mangga : warna berisi kuning dan berat misalkan 0.24 kg pada object apel : warna berisi merah dan berat misalkan 0.30 kg


Format:
tipeData variabel = nilai;
Contoh:
String kalimat = "Aiz tukang tidur";
// variabel 'kalimat' bertipe data String mempunyai nilai "Aiz tukang tidur"
int x = 10;
// variabel 'x' bertipe data integer, mempunyai nilai 10

Methode/Behavior
merupakan suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu object. Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object. 
Contoh : pada object mangga : terdapat method ambilRasa , kupasKulit dan lain-lain.

Metode menentukan perilaku objek, yakni apa yang terjadi ketika objek itu dibuat serta berbagai operasi yang dapat dilakukan objek sepanjang hidupnya.
Metode  memiliki 4 (empat) bagian dasar :
1. Nama metode
2. Tipe Objek atau tipe primitive yang dikembalikan metode.
3. Daftar parameter.
4. Badan atau isi metode.
Tiga bagian pertama mengindikasikan informasi penting tentang metode itu sendiri. Dengan kata lain, nama metode tersebut=metode lain dalam program. Dalam java kita dapat memiliki metode-metode berbeda yang memiliki nama sama tetapi berbeda tipe kembalian atau daftar argumennya, sehingga bagian-bagian definisi metode ini menjadi penting. Ini disebut overloading metode.

Untuk menjalankan program yang memiliki sifat polymorphism tersebut, diperlukan suatu kemampuanoverloading, yaitu suatu kemampuan untuk menentukan fungsi yang mana yang harus digunakan atau dijalankan jika terdapat nama fungsi yang sama. Polimorfisme bisa diartikan seperti kemampuan suatu variable untuk mengubah perangai sesuai dengan objek hasil instansiasi yang digunakan. Polimorfismemembiarkan lebih dari 1 objek dari sub class sub class dan diperlakukan sebagai objek dari super class tunggal
Contoh:
Mahasiswa cowok = new anakSI();
cowok.methodKU( Bernaz );
Mahasiswa cewek = new anakTI();
cewek.mothodKU( Amelia );
Outputnya:
-Methodku dengan parameter dengan nilai Bernaz di class anakSI telah dipanggil
-Methodku dengan parameter dengan nilai Amelia di class anakTI telah dipanggil


Contoh Program:
class buku{String pengarang;String judul;void isi (String isi1,String isi2)
{judul = isi1;pengarang = isi2;}
void cetak()
{
if (judul==null&&pengarang==null)return;
System.out.println(“judul=” +judul +”pengarang=” +pengarang);
}
}
class karangan{
public static void main(String[]args)
{

Proses membuat object dari sebuah class ini disebut “Instantiation” –> itulah makanya Object disebut juga “instance
Jadi sekali lagi Class hanyalah ‘Cetak Biru’ atau ‘Obyek ABSTRAK’ sedangkanObject-Object yang dibikin dari class adalah ‘Obyek Kongkret’sesungguhnya!!!
—————-
Dalam OOP, dalam membangun sebuah aplikasi, ditempuh dengan cara membuat Object-Object dan membuat kerjasamanya.
Untuk membuat atau memanggil sebuah Object dalam java kita harus menciptakan dulu Class -nya kecuali jika class untuk object-object itu sudah dibuat sebelumnya atau sudah disediakan oleh Java.
Jadi misal, saya pengin membikin tombol-tombol perintah (command buttons) dalam interface saya:
maka saya tidak bisa begitu saya memanggil command buttons itu. Saya harus men-create class nya dulu
yakni
class commandButton
{
}
kemudian di dalam blok tersebut kita definisikan karakteristik utama object-object dalam class commandButton tersebut, misal
setiap commandButton memiliki
- ukuran yang dinyatakan dalam bentuk Integer  ——>  int size
- text yang dimunculkan dengan data value String —-> String text
- apakah 2Dimensi atau 3 dimensi
—–
Selain karakteristik utama Class tersebut, juga perlu didefinisikan perilaku-perilaku utama (methods) yang dapat dilakukan Class tersebut, misal
- untuk bereaksi butuh Single click atau Double click
- apakah default tombol aktif atau pasif
———————————————–
Jika Class sudah lengkap dicreate dan didefinisikan, barulah kita bisa membikin Object-Objectnya.
Tentu setiap object yang kita bikin dimungkinkan berbeda-beda, tergantung value data yang dimasukkan dalam attributes dan methods yang dimiliki object tersebut
Jadi sekali kita me-create sebuah class, maka selamanya class itu dapat kita panggil dan pake dalam program kita berulang-ulang.
* Untuk object-object commond buttons sudah disediakan oleh class-class standard di Java (“Java Class Library“):  javax.swing.Jbutton
——————————————————————-
Method
adalah perilaku yang dapat dilakukan oleh Object2 dalam sebuah kelas,
baik perilaku kepada dirinya sendiri maupun kepada objek-objek lainnya.
Method adalah sekumpulan statements dalam sebuah class untuk melakukan suatu task tertentu.
Method ~ ‘fungsi’ dalam bahasa pemrograman lain
Object – object berkomunikasi satu sama salin dengan menggunakan methods
Sebuah class atau sebuah object dapat memanggil method dari sebuah class atau object lain dalam rangka:
+ meminta object tersebut melakukan suatu task
+ meminta object tersebut mengubah sesuatu dalam diri object tersebut
+ melaporkan perubahan tertentu kepada object tersebut
—-
Ada Variable:
1. Class variable : yakni sebuah variable yang dideklarasikan di class tetapi value variable itu langsung ditetapkan sehingga berlaku untuk semua object yang dibuat dengan class tersebut.
Contoh:
Class Mobil
{
int tahunPembuatan = 1998
String warna = “hitam”
}
2. Instance variable: yakni sebuah variable yang dideklarasikan di class tanpa memasukkan value spesifiknya karena value-value yang berbeda itu dapat dideklarasikan saat membuat Object-Object yang berbeda atau saat menjalankan object tersebut.
Contoh:
Class Mobil
{
int tahunPembuatan;
string warna;
}
Class BikinObjekMobil
{
public static void main (String [] args)
{
Mobil mobilku = new Mobil ();
mobilku.tahunPembuatan= 1998;
mobilku.warna= “hitam”;
System.out.println (“Mobilku adalah: “+mobilku.tahunPembuatan);
}
}
Ada Method:
1. Class method : methods yang berlaku untuk semua class
2. Instance method (“method”) : method yang hanya mengubah object itu sendiri
——————–
Memanggil Method
namaObject.namaMethod (argument atau kosong);
contoh:
robotTony.checkSuhu ();

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar