Jumat, 05 April 2013

Apa itu Tablet PC, Ipad, Android, Smartphone


TABLET PC
Tablet PC atau sering kita sebut “Tab” merupakan sebuah perangkat elektronik portable yang memiliki fungsi seperti notebook maupun netbook, mulai dari nonton film, ngegame, ngenet dengan didukung perangkat “wifi” akan memudahkan anda untuk berinternet ria dengan didukung bentuk yang portable dengan ukuran layar 7-9 inci sehingga memudahkan aktifitas anda. Tablet pc ini sudah didukung dengan menggunakan OS berbasis “Android” (akan saya jelaskan pada penjelasan android) sebagai sistem utama untuk menjalankan berbagai aplikasi. Kemudian terdapat USB yang memungkinkan juga untuk mengimport data , dll. Tidak lupa dilengkapi juga dengan “multitouch” sehingga terlihat elegan dan simple. Vendor pembuat Tablet pc ini pun sudah tidak usah diragukan lagi, mulai dari produsen-produsen yang sudah mempunyai nama besar sampai yang jarang dikenal pun berlomba-lomba untuk membuat tablet pc seperti  Acer, Asus, Gigabyte, MSI, ViewSonic, dan penyedia OEM tablet PC, seperti Shuttle, tentunya setiap produsen mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari yang termurah sekitar 600rban sampai yang mahal dan bermerek seperti samsung galaxi tab yang diberandol dengan harga Rp 4jtaan (survei pada bulan juli 2012 di plaza dieng malang). Bahkan seiring perkembangan jaman maka bukan tidak mungkin kehadiran Tablet ini dapat menggeser posisi netbook maupun notebook.



IPAD

Mungkin ada yang bilang IPAD itu Tablet, atau Ipad itu mirip tablet atau bahkan IPAD itu kebih baik dari Tablet...so mana yang benerr???

Menurut sepengatahuan ane ni ya dari pengalaman survei dan dari baca beberapa majalah ipad dan tablet itu sama, yang membedakan adalah sistem operasi yang digunakan, karena dibuat dengan vendor yang berbeda. Untuk ipad dibuat oleh vendor terkenal yaitu “apple”, ini merupakan pelopor pertama munculnya ipad di dunia. Produk pertama yang diluncurkanyya bernama IPAD1 dan yang terbaru ini sudah muncul IPAD2. Tetapi sayangnya sistem Operasi Apple adalah sistem tertutup, khusus hanya untuk perangkat Apple saja yang dapat mengakses. Tetapi menurut survei bahwa browser yang dimiliki apple masih yang tercepat daripada browser yang dimiliki tab lain.



ANDROID
Sering kan mendengar tablet pc berbasiskan ANDROID ?? yups ..android merupakan sebuah Operating system yang digunakan oleh tablet pc selain buatan “apple”. Android ini sendiri merupakan milik Google, yang dibeli dari pengembang Android, Inc. pada tahun 2005. Google membuatnya open source, di bawah Open Handset Alliance (OHA) yang tersedia sebagai bagian dari lisensi perangkat lunak bebas Apache. Pada tahun 2010, itu terdaftar oleh Canalys sebagai platform software terlaris untuk smartphone di seluruh dunia.

Semakin berkembanya zaman android pun mengalami perkembangan, hingga versi yang terbaru saat ini adalah android “ice cream sandwich”. Berikut akan saya jelaskan secara rinci :

1. Android versi 1.1
Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.



2. Android versi 1.5 (Cupcake)
Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.



3. Android versi 1.6 (Donut)
Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.



4. Android versi 2.0/2.1 (Eclair)
Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi berikut, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (killer apps - aplikasi unggulan). Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug.



5. Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)
 Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.



6. Android versi 2.3 (Gingerbread)
 Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.



7. Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
 Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 akan segera hadir di Indonesia. Perangkat tersebut bernama Eee Pad Transformer produksi dari Asus. Rencana masuk pasar Indonesia pada Mei 2011.



8. Android versi 4.0 (Ice Cream)
android versi ice cream ini dirilis pada tahun 2011, yang dikenal dengan nama “ice cream sandwich” sebagai android yang paling baru. Android versi ini memiliki beberapa keunggulan seperti home screen, keyboard, video n photo, dan lain sebagainya. Kalau penasaran monggo cepetan beli..n gue nanti pinjam hehe.





SMARTPHONE
Smartphone juga hampir mirip dengan tablet, bahkan sekarang sangat sulit untuk membatasi mana tablet dan mana smartphone. Hal ini dikarenakan cirikhas smartphone yang mampu menyediakan fasilitas telepon dan sms layaknya sebuah handphone dengan dilengkapi fasilitas dan tampilan menyerupai tablet hanya saja dengan ukuran yang lebih kecil, mampu diimbangi oleh versi tablet yang terbaru juga dengan difasilitasi alat komunikasi layaknya handphone, walaupun hanya beberapa vendor tertentu yang sudah mengaplikasikannya ke tablet tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar