Jumat, 05 April 2013

SEKILAS GENERASI PERTAMA KOMPUTER


Perkembangan dan penggenerasian komputer dari zaman dulu hingga sekarang. Sebenarnya tidak ada kesepakatan resmi untuk penggenerasian komputer, tapi penggenerasian komputer ini berdasarkan ciri-ciri dan teknologi yang digunakan. Karena teknologi yang digunakan pada setiap generasi komputer selalu berganti-ganti, maka ada penggolongan pada setiap generasi komputer dengan teknologi dan ciri khas yang berbeda. Mari langsung saja simak mengenai generasi komputer, Dozou.

  • PRA GENERASI
Jauh sebelum kita mengenal komputer digital, seorang profesor Matematika dari Universitas Cambridge (1827-1839), Charles Babbage (1791-1871) merancang suatu mesin yang dikenal dengan Difference Engine pada tahun 1823. Mesin yang dibuat ini masih sangat sederhana dengan menggunakan bahan-bahan mekanik. Mesin ini mampu menghitung tabel matematis. Pada tahun 1942, Babbage tidak meneruskan pengembangan mesin ini dan fokus pada pengembangan mesin lain.





Difference Engine
Sepuluh tahun setelah mesin pertamanya dirancang, tahun 1933, Babbage membuat konsep mesin baru yaitu Analytic Engine. Mesin ini dapat dianggap sebagai konsep awal sebuah komputer serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Babbage meninggal tahun 1871 dengan menyisakan rancangan mesin yang belum terealisasi. Namun, rancangan Babbage tidak sia-sia, karena mesin yang dia dibuat menjadi inspirasi bagi perancang-perancang berikutnya.

  • PROGRAMER PERTAMA
Ide-ide Babbage mempengaruhi generasi berikutnya termasuk didalamnya Luigi Menabrea yang mempublikasikan tulisannya di Italia. Ada Lovelace, dikenal juga sebagai Augusta Ada Byron, seorang murid Babbage yang mempublikasikan tulisannya. Dia juga menulis algoritma pertama untuk menghitung bilangan Bernoulli pada Analytical Engine. Namanya diabadikan sebagai nama bahasa pemrograman ‘Ada’ oleh departemen pertahanan Amerika Serikat sejak tahun 1980.
Ada Lovelace Programer pertama
John Atanasoff seorang ilmuwan dari Iowa State University, tahun 1930-an merancang sebuah mesin Linear Equation Solver (pemecah persamaan linear). Tidak kurang dari 300 buah tabung digunakannya sebagai teknologi dasar pembangunan rancangannya ini. Mesin ini mampu menyelesaikan persamaan linear dan integral diferensial.
  • PERALIHAN GENERASI
Sebelum abad ke-20 mesin komputer dibangun dengan teknologi dasar perangkat mekanik dan listrik. Mulai tahun 1930 bisa dianggap sebagai awal babak baru rancangan mesin komputer yang merupakan awal era komputer modern.
Atanasoff-Berry Computer (ABC) (tahun 1937-1942) adalah komputer digital pertama yang mengimplementasikan perhitungan biner untuk menyelesaikan persamaan linear. Hampir bersamaan Konrad Zuse, ilmuwan Jerman merancang Z3 (1941), sebuah komputer elektrik-mekanik serbaguna yang dapat diprogram. Di Inggris Tommy Flowers merancang Colossus (1944), komputer elektronik yang dapat diprogram. Harvard Mark I (1944) dirancang oleh Howard Aiken bekerja sama dengan IBM sejak tahun 1939. Harvard Mark I dikenal juga sebagai IBM ASCC (Automatic Sequence Controlled Calculator), merupakan komputer digital otomatis pertama di Amerika. Kelebihan dari Mark I adalah otomatis penuh dan tidak memerlukan campur tangan untuk mengendalikannya.
Harvard Mark I
  • TABUNG HAMPA
Perkembangan komputer pada peralihan dari mekanik ke elektronik diawali dengan perubahan komponen dasar dari komponen mekanik kepada tabung hampa. Berawal dari publikasi Thomas Alva Edison pada tahun 1879 tentang bola lampu pijar yang diteruskan dengan percobaannya pada tahun 1883 tentang elektron dalam ruang hampa yang dikenal dengan efek Edison.
Penemuan Edison mempengaruhi peneliti lain di Inggris, John Ambrose Fleming yang menemukan bahwa efek Edison dapat menagkap gelombang radio dan mengubahnya menjadi listrik. Fleming membuat tabung hampa dua-elemen yang disebut dioda. Pada tahun 1906 peneliti Amerika, Lee de Forest menemukan elektroda ketiga yang disebut trioda yang dapat berfungsi sebagai penguat sekaligus switch. Dengan kemampuannya ini, trioda, berdampak terhadap perkembangan komputer digital.

Sumber: https://www.google.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar