Jumat, 05 April 2013

Pengolahan Citra


CONTOH TUGAS PENGOLAHAN CITRA

Alamat Video                : http://www.youtube.com/watch?v=5qF_qbaWt3Q
Dilihat berapa kali                   : 41,233,841
Durasi                            : 04:04
Dibuat                            : United States of America


Resensi :
Ini menerangkan tentang pembuatan Video Clip Linkin Park yang berjudul Waiting For The End.
Dalam video clip ini memakai 3 Software yaitu:
1.     Cinema 4D
2.     SynthEyes
3.     Adobe After Effect
Sebelum masuk kepembahasan, dalam peng-editan video clip ini ada istilah Compositing.
Compositing adalah proses untuk menggabungkan foreground dengan gambar yang lainCompositing adalah proses menggabungkan gambar, bisa gambar computer graphic
dengan live atau live dengan live. Tujuannya adalah membuat efek visual
seperti Jun yang lagi pegang Jin di tangannya misalnya. Kemudian diaplikasikan lagi dengan 3 software tadi. Kegunaan dan fungsi software masing-masing yaitu:
1.     Cinema 4D
Adalah software lengkap, untuk membuat animasi 3D dan relatif mudahdigunakan dan tingkat kualitasnya bagus dan animasinya hampir seperti nyata.
2.     SynthEyes

Perangkat lunak Aplikasi penstabilitas untuk PC atau Mac. Dan memiliki kinerja tinggi dan banyak fitur.
3.     Adobe After Effect
Merupakan program pengolahan editing. Yang memiliki fungsi mengolah dan menambahkan efect-efect khusus dalam pembuat video acara-acara apapun.
Dan langkah-langkah dalam pembuatan video clips Linkin Park ini sebagai berikut:
a.     Kita ambil objek yang ingin kita gunakan, sebagai contoh vocalis band tersebut. Pada objek vocalis tersebut yang kita gunakan adalah bagian kepala vocalis tersebut.
b.     Pada video clip tersebut terdapat objek tengkorak yang dimana objek tersebut telah dibuat dengan aplikasi Cinema 4D.
c.      Setelah mendapat objek tengkorak yang dibutuhkan, maka dengan menggunakan software aplikasi SynthEyes kita mendeteksi setiap gerakan objek live tersebut dalam bentuk titik titik. Dan teknik ini disebut dengan Tracking Camera.
d.     Maksud dari Tracking ini adalah agar objek grafik komputer (tengkorak) seolah – olah terlihat menyatu atau menempel dengan objek live tersebut (kepala vokalis band) dan objek komputer grafik itu dapat mengikuti setiap gerakan si objek live  itu.
e.      Setelah objek jadi, kemudian objek tersebut di edit dengan menggunakan aplikasi yang bernama Adobe After Effect.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar