Rabu, 16 April 2014

Penggunaan Rumus dan Fungsi pada Ms. Excel



1.      PERBEDAAN FORMULA DAN FUNGSI
Perbedaan antara Formula dan Fungsi sebagai berikut:
-       Formula adalah rumus-rumus yang terdapat pada aplikasi Excel untuk melakukan perhitungan yang diwakili dengan tanda +, -, *, /, dan ^.
-       Fungsi adalah rumus-rumus yang terdapat pada aplikasi Excel untuk melakukan perhitungan dengan menggunakan istilah-istilah matematika, statistik, dan logika. Seperti Fungsi SUM, MAX, IF, NOT dsb.

2.      MEMBUAT RUMUS FORMULA
Operasi Dasar pada Formula:
-       Titik dua (:), spasi tunggal(), koma(,) artinya operator acuan.
-       Tanda negatif (-) dan (+) berarti pengurangan dan penambahan.
-       Tanda (*) dan (/) berarti perkalian dan pembagian.
-       Tanda (%) dan (&) berarti persentase dan penggabungan dua string.
-       Tanda (=), (<), (>), (<=), (>=), (<>) berarti perbandingan.
-       Tanda (^) berarti pemangkatan.

Cara (aturan) Penulisan Rumus Formula:
-       Rumus atau formula yang dimasukkan ke dalam excel selalu dimulai dengan tanda sama dengan (=). Artinya bagi excel tanda itu adalah sebuah rumus, jika tidak maka excel akan mengartikannya sebagai data biasa.
Contoh:   a. Rumus: =23+12 atau =A1+A2
                b. Data biasa : 23+12 atau A1+A2
-          Jika dalam suatu rumus atau formula terdapat beberapa operator perhitungan, maka perhitungan akan diproses secara berurutan. Pertama adalah ^, lalu * atau /, dan terakhir + dan -.
Contoh: =23+12/3^2
-          Namun, urutan operator tersebut dapat diubah dengan mengelompokkannya dengan tanda kurung ().
Contoh: =(23+12)/3^2
-          Selain memasukkan angka secara langsung dapat pula menggunakan REFERENSI (nama sel atau range) pada sebuah formula. Dengan cara mengklik sel atau range yang dituju.
Contoh: =(23+12)/3^2 menjadi =(A1+A5)/B2^2
           
Kelebihan-kelebihan dari Referensi adalah:
a.      Jika data awal diubah maka nilai pada hasil (sel dimana rumus dibuat) juga akan berubah.
b.      Jika mengcopy (menggandakan) formula tersebut ke sel-sel lainnya maka secara otomatis formula itu akan menyesuaikan dengan sel tujuannya. Caranya sama persis saat mencopy data dengan bloking formula dengan menggunakan mouse.

Cara-cara penulisan lainnya (secara rinci) dapat dilihat pada LKS EKSIS Halaman 49.

Alamat Relatif, Absolut, dan Semi Absolut.
Perbedaan penulisan alamat relatif dan absolut adalah:
a.      Alamat Relatif adalah alamat sel yang dituliskan tanpa menambahkan simbol khusus/tertentu ($) pada bagian depan nama kolom atau baris. Jika sebuah formula digandakan dari sebuah sel ke sel-sel lain maka alamat relatif tersebut akan disesuaikan secara otomatis.
Misalnya: Formula =A1+B1 yang terdapat pada sel C1 jika digandakan ke sel C4 maka formula tersebut akan menyesuaikan diri menjadi =A4+B4
b.    Alamat Absolut adalah alamat sel yang dituliskan dengan menambahkan simbol $ pada bagian depan nama kolom atau baris. Jika sebuah formula digandakan dari sebuah sel ke sel-sel lain maka alamat absolut tersebut akan tetap (tidak berubah-ubah).
Misalnya: Formula =$A$1+$B$1 yang terdapat pada sel C1 jika digandakan ke sel C4 maka formula tersebut akan tetap.
c.    Alamat Semiabsolut adalah gabungan antara Alamat Relatif dan Alamat Absolut.
Alamat Semiabsolut ada dua yaitu:
-          Di depan nama kolom. Alamat semi absolut yang diberikan tanda $ di depan nama kolom. Artinya apabila alamat semi absolut itu digandakan maka nama kolomnya tidak akan disesuaikan, sedangkan nama barisnya akan disesuaikan.
Misalnya:  Formula =$A1+$B1
-          Di depan nama baris. Alamat semi absolut yang diberikan tanda $ di depan nama baris. Artinya apabila alamat semi absolut itu digandakan maka nama baris tidak akan disesuaikan, sedangkan nama kolomnya akan disesuaikan.
Misalnya: Formula =A$1+B$1

II.                  MEMBUAT RUMUS FUNGSI
Seperti sudah disampaikan sebelumnya bahwa banyak fungsi-fungsi yang terdapat pada Microsoft Office Excel 2007. Namun yang digunakan hanya beberapa saja. Dalam modul ke 5 ini fungsi yang akan dibahas adalah Fungsi Statistik, diantaranya: Fungsi SUM(), AVERAGE(), MAX(), MIN(), COUNT(). Namun sebelumnya akan dibahas tentang Insert Function.

Perlu diketahui bahwa Fungsi yang dimasukkan ke dalam rumus fungsi tidak terbatas.

Cara Menuliskan Rumus Fungsi:
Cara penulisan diawali dengan tanda sama dengan (=), kemudian ketik nama fungsi, lalu beri tanda kurung buka dan tutup. Lalu masukkan argumentasi. Jika argumentasi lebih dari satu maka dipisahkan dengan tanda koma (,) atau titik koma (;). Terakhir tekan ENTER.

Tanda dalam kurung () setelah nama fungsi diisi dengan argumen/isian data berupa range yang berisi angka-angka.

    Rangkuman

1.      Rumus Formula adalah rumus-rumus yang terdapat pada aplikasi Excel untuk melakukan perhitungan yang diwakili dengan tanda +, -, *, /, dan ^.
2.      Rumus Fungsi adalah rumus-rumus yang terdapat pada aplikasi Excel untuk melakukan perhitungan dengan menggunakan istilah-istilah matematika, statistik, dan logika. Seperti Fungsi SUM, MAX, IF, NOT dsb.
3.      Cara menggunakan rumus Formula adalah:
-       Rumus atau formula yang dimasukkan ke dalam excel selalu dimulai dengan tanda sama dengan (=). Artinya bagi excel tanda itu adalah sebuah rumus, jika tidak maka excel akan mengartikannya sebagai data biasa.
Contoh:   a. Rumus: =23+12 atau =A1+A2
                b. Data biasa : 23+12 atau A1+A2
-          Jika dalam suatu rumus atau formula terdapat beberapa operator perhitungan, maka perhitungan akan diproses secara berurutan. Pertama adalah ^, lalu * atau /, dan terakhir + dan -.
Contoh: =23+12/3^2
-          Namun, urutan operator tersebut dapat diubah dengan mengelompokkannya dengan tanda kurung ().
Contoh: =(23+12)/3^2
-          Selain memasukkan angka secara langsung dapat pula menggunakan REFERENSI (nama sel atau range) pada sebuah formula. Dengan cara mengklik sel atau range yang dituju.
Contoh: =(23+12)/3^2 menjadi =(A1+A5)/B2^2
4.      Cara menggunakan rumus Fungsi adalah:
-          Diawali dengan tanda sama dengan (=)
-          Kemudian ketik nama fungsi
-          Lalu beri tanda kurung buka dan tutup.
-          Lalu masukkan argumentasi.
-          Jika argumentasi lebih dari satu maka dipisahkan dengan tanda koma (,) atau (;). Terakhir tekan ENTER.
-          Tanda dalam kurung () setelah nama fungsi diisi dengan argumen/isian data berupa range yang berisi angka-angka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar