Jumat, 10 Januari 2014

Algoritma Pemograman Dasar

Algoritma adalah langkah-langkah atau tahapan-tahapan yang dilakukan dalam memecahkan suatu masalah. Kita bisa ambil contoh algoritma sederhana dalam kehidupan real sehari-hari, misal pada saat kita mempunyai suatu masalah, kita pasti melakukan tahapan tahapan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Nahh,, Tahapan tahapan itu lah yang bisa dibilang Algoritma.

Dalam bentuk penyajiannya, Algoritma terbagi atas 2 jenis. Yaitu:
·         Flowchart ,
Flowchart adalah algoritma yang disajikan dalam bentuk gambar-gambar atau diagram alir yang dihubungkan dengan tanda panah sebagai arah yang menunjukkan tahap-tahap algoritma. Pada flowchat terdapat berbagai gambar-gambar yang tidak asal gambar. Setiap gambar pada Flowchart memiliki fungsi masing-masing. Flowchart umumnya digunakan oleh programmer pemula dikarenakan pada flowchart lebih jelas alur penyelesaian masalahnya.

·         Pseudocode
Pseudocode adalah Algoritma yang disajikan dalam bentuk kalimat-kalimat yang berurutan. Umumnya pseudocode digunakan oleh programmer handal. Dikarenakan pseudocode lebih mendekati dengan bahasa pemrograman. Sebuah catatan penting untuk pseudocode, “bahwa tidak ada aturan baku mengenai tata cara penulisan pseudocode”.
contoh pseudocode:
Mencari Luas segitiga
deklarasi: alas, tinggi, Luas
Deskripsi:
1.       Input alas
2.       Input tinggi
3.       Luas ←alas*tinggi/2
4.       Write Luas
5.       End
Maka output yang dicetak adalah Luas.
Pada algoritma terdapat 3 struktur :
·         Sequence structure, yaitu merupakan struktur berurut pada algoritma. Yang berarti pada algoritma itu di sajikan berdasarkan urutan dari awal hingga akhir. Pada struktur ini, semua perintaha dijalankan tanpa ada yang ditinggalkan.
·         Branching structure, yaitu merupakan struktur pada algoritma yang merupakan percabangan (decision). Pada struktur ini kita diberikan sebuah pilihan dalam menjalankan sebuah program. Dalam percabangan ada dua kemungkinan yaitu Yes or No.
·         Looping structure, yaitu struktur pengulangan pada algoritma. Pada struktur pengulangan maka perintah akan terus dilakukan selama nilai yang diberikan itu bernilai benar.
Yahh mungkin sampai disini dulu yang bisa saya posting, di postingan berikutnya saya akan membahas lebih dalam mengenai Flowchart dan Pseudocode.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar