Rabu, 15 Januari 2014

Mengenal Teknik Material



Teknik material adalah sebuah disiplin ilmu teknik yang berhubungan dengan ilmu material, mempelajari tentang sifat bahan (mekanik, elektrik, magnetik, thermodinamik, energetika, elektrokimia, storage/memory), hubungan struktur bahan dan sifatnya, rekayasa material, dan berfokus pada desain berbagai jenis material (logam, plastik, keramik, komposit) untuk aplikasi tertentu.
Bidang ini juga mempelajari teknik proses atau fabrikasi (pengecoran, pengerolan, pengelasan, dan lain-lain), teknik analisis (x-ray diffraction, kalorimetri, mikroskopi optik dan elektron, dan lain-lain),analisis kegagalan (failure analysis), analisis biaya atau keuntungan dalam produksi material untuk industri, serta perawatan (maintenance).

Kehadiran teknik material pada masa sekarang ini sangat diperlukan guna mencetak tenaga-tenaga profesional di bidang ilmu dan teknologi material, karena saat ini Indonesia sedang melaksanakan pembangunan berdasarkan lima pilar, termasuk didalamnya ilmu material.
Tidak dapat dihindari lagi, bahwa semua industri memerlukan disiplin ilmu material. Berperan sebagai engineer-engineer di bidang industri, baik sebagai supporti ng unit (maintenance) maupun “tulang punggung” (penghasil material). Kedua-duanya merupakan peran yang sangat dibutuhkan dalam sektor industri di Indonesia.

Sedangkan,hal-hal yang perlu diperhatikan di dalam material engineering adalah:
1. How to select material
2. How to use material
3. How to manufacture
Adapun Prospek kerja Teknik Material adalah sebagai berikut :

1. Bidang Minyak dan Gas
2. Bidang Mikroelektronik
3. Bidang Industri otomotif
4. Bidang Kesehatan
5. Bidang Pembangkit Energi
6. Bidang Komunikasi
7. Bidang Militer/pertahanan
8. Bidang Transportasi
9. Bidang Kedirgantaraan
10. Bidang Olahraga
11. Konsultan material

Tidak ada komentar:

Posting Komentar