Jumat, 10 Januari 2014

Bahasa Pemograman R

R adalah sebuah free software atau software yang bebas, dibawah lisensi GNU (GNU is Not Unix) General Public Licence, yang menjamin R akan tetap selalu free (bebas). Untuk lebih tepatnya, R bukanlah suatu program statistika, tetapi sebuah lingkungan pemrograman yang banyak digunakan oleh para statistisi. R menyediakan penanganan dan penyimpanan data, mendukung banyak operator penghitungan, menyediakan banyak alat untuk analisis data, menampilkan kemampuan graphical yang baik, dan merupakan bahasa pemrograman langsung yang didasarkan pada bahasa pemrograman S yang ditulis oleh Rick Becker, John Chambers, dan Allan Wilks dari AT&T Bell Laboratories.
Perbedaan R dengan program statistika lain seperti SAS System atau Minitab, yaitu R merupakan bahasa pemrograman interpreter, yang artinya akan mengeksekusi perintah setiap kali diketikkan di layar.
R ditulis oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman di Departemen Statistika Universitas Auckland, Auckland, Selandia Baru. Sebagai tambahan, banyak kelompok orang telah berkontribusi pada R dengan mengirimkan kode dan melaporkan bug. Sejak pertengahan tahun 1997, telah ada grup inti R (“R Development Core Team”) yang dapat memodifikasi arsip kode sumber R.
Kenapa dinamakan R? Nama R sebagian diambil dari inisial nama depan penulisnya (Ross dan Robert), dan sebagian “mempermainkan” nama bahasa pemrograman AT&T Bell Laboratories yaitu S.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar